Suara Anda Tentang Kecurangan Pemilu

Kecurangan dalam kerap kali muncul sebagai opini publik. Lebih spesifik lagi, pihak yang kalah dalam satu kompetisi Pemilu sering sekali menyampaikan isu kecurangan pemilu dalam berbagai bentuk. Namun, dalam pilgub dan Pilbud 2015 lalu, dari 180 lebih permohonan di MK, hanya 7 permohonan yang diterima untuk diperiksa lebih lanjut setelah pemeriksaan pendahuluan (dismissal).  Selebihnya, MK menolaknya karena dua alasan, tidak memenuhi kriteri 3 x 24 jam setelah pleno KPU dan tidak memenuhi unsur pasal 158 UU  No.8 tahun 2015 tentang Pilbub dan Pilgub. Jika demikian, berarti apa yang disampaikan pemohon tersebut sia-sia.

Lalu pertanyaan yang anda jawab. Pertama, bla tidak memenuhi kedua unsur tersebut di atas, sementara kencurangan benar-benar terjadi, bukan asumsi, apakah itu bisa disebut melegal kecurangan atau semata demi asas kepastian hukum dan keadilan?

Kedua, curang dan tak curang, adalah konstruksi berpikir hukum positif. Bila melanggar UU atau PKPU disebut curang, dan bila mematuhi disebut jujur. Jika demikian, apakah anda setuju bahwa penafsiran dan atau pendapat curang hanya boleh dijawab oleh hakim berdasarkan putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap?

Saya tunggu jawaban anda….

5 comments

  1. Selamat saya sampaikan pada bung Harli. Menarik semakin memperkaya pengetahuan, terutama terkait masalah hubungan luar negeri dalam konteks pertahanan dan keamanan. Semoga terus produktif.

    Salam

    Dadang Sudardja

  2. Indonesia harus secepat mungkin membenahi sekaligus menyiapkan segala infra maupun supra struktur negaranya sebagai bagian penting dalam proses bargaining dan negosiasi dengan malaysia.

    Btw, mantap komiu pe blog tuaka, bagaimana cara bikinnya..? saya mau juga deh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s